Tutorial Setting Render Malam Hari | 3D Max

Dalam tutorial ini saya akan pergi melalui semua langkah yang biasa kita lakukan ketika saya diminta untuk melakukan "eksterior malam-rendering". Untuk itu sebaiknya Anda perlu mengetahui dasar-dasar 3ds max dan vray.

1) Lampu Alam
Langkah pertama adalah memilih gambar latar belakang langit. Untuk tutorial ini saya telah menggunakan di bawah gambar:
Sekarang menempatkan gambar yang diinginkan ke dalam slot lingkungan ( Slot lingkungan 3d max, bukan dalam vray itu ). Dalam pengaturan vray, periksa iluminasi global, pilih lightcache untuk bouncing sekunder, peta radiasi untuk primer . Pada tab switch global, pastikan bahwa "lampu default" adalah dicentang.
Terakhir, pergi ke slot lingkungan vray dan memeriksa setting "lingkungan GI (skylight). Di samping slot kanan menempatkan gradien (biru gelap di slot atas, biru ringan di tengah dan pucat oranye atau ungu di posisi yang lebih rendah)
Jika anda menekan render, akan seperti ini:


2) Menambahkan lampu buatan di dalam
Seperti yang Anda perhatikan, itu mulai terlalu terlihat seperti render malam, tapi pada saat itu tidak memiliki pencahayaan buatan sehingga ruang terlihat sepi.
Kita akan mulai dengan menambahkan vray lampu di dalam rumah, untuk mensimulasikan pencahayaan buatan.  Yang penting untuk diingat pada titik ini adalah bahwa cahaya buatan dapat terlihat berbeda dari satu kasus dengan yang lain tergantung pada banyak faktor (intensitas, suhu warna, ukuran ruang yang sebenarnya menyala, dll) sehingga Anda tidak perlu menempatkan sumber cahaya dan contoh ke seluruh tempat. Jadilah kreatif dan bermain dengan parameter seperti pengganda intensitas, warna filter, dll 
Untuk adegan ini saya telah menggunakan vray lampu bulat dengan pengganda intensitas bervariasi dari 1 ke 2, warna filter dengan oranye, kuning dan biru tints dan berbeda radius untuk masing-masing.


Jika anda menekan lain membuat Anda akan berakhir dengan sesuatu yang sangat mirip dengan berikut ini.

3) Simulasi cahaya buatan "menyebarkan" dari dalam
Sekarang kita memiliki cahaya di dalam rumah, namun cahaya tampaknya tidak "keluar" cukup. Oleh karena itu kita akan menempatkan vray planar hanya lampu di depan jendela, menunjuk ke arah luar, seperti pada gambar berikut.

Perhatikan Hasil tes render ini dan Anda harus memiliki sesuatu yang mirip dengan hasil yang dihasilkan seperti gambar di bawah ini 

4) Menambahkan lampu buatan di halaman
Apa yang tidak terlihat benar pada saat ini adalah kenyataan bahwa halaman terlalu gelap. Tergantung pada Scene Anda, Anda mungkin harus eksterior pencahayaan Fixtures (seperti posting pencahayaan yang saya miliki dalam adegan ini), atau lampu sorot yang menerangi bahkan eksterior bangunan. 
Jika Anda tidak memiliki instruksi khusus untuk ini, Anda dapat menempatkan lampu di suatu tempat di belakang kamera, sehingga Anda memberikan kesan bahwa ruang menerima cahaya dari sumber tetangga (lampu jalan, lampu mobil, atau bahkan bangunan lainnya).
Dalam adegan tertentu, menambahkan lampu ke posting pencahayaan lampu taman kecil harus cukup.
Pertama-tama buat vraylight dalam peta gradien, terus tempatkan bola lampu vray pada masing-masing lampu. Untuk setiap lampu vray di halaman saya telah dikeluarkan pos pencahayaan bawah itu. Ini adalah jenis palsu, tetapi pada akhirnya akan terlihat benar, dan itulah yang penting. (Jika Anda ingin melakukannya lebih "akurat" check out dari tutorial kap lampu juga).
ketika anda lakukan tes render pada tahap ini
Anda harus mendapatkan sesuatu seperti ini:

5) Sentuhan Photoshop
a) Tambahkan efek cahaya halus untuk sumber cahaya tampak buatan (dalam hal ini, sebuah  pencahayaan kecil). Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan filter cahaya difus. b) Dalam sebuah layer baru, menambahkan gradien linier dari bawah ke suatu tempat di tengah dari oranye ke transparan. Taruh lapisan pada "warna" dan bermain dengan transparansi sampai Anda seperti hasilnya.
Jika Anda merasa kreatif, Anda juga dapat mencoba beberapa sapuan kuas yang halus, dengan tints berbeda dari keragaman merah, kuning atau oranye untuk menciptakan. 
Setelah melakukan semua hal di atas, di sini adalah gambar akhir.

Kesimpulan
Rendering eksterior pada malam hari bisa sangat rumit. Pendekatan terbaik menurut pendapat saya adalah untuk mengambil secara sistematis dengan memulai dengan cahaya alami, dan menambahkan lampu buatan satu per satu selama proses. Jika tidak, Anda mungkin menemukan diri sebuah pencahayaan yang hilang tidak tahu di mana Anda melakukan sesuatu yang salah. 

Saya tidak bisa cukup menekankan betapa pentingnya adalah untuk memiliki beberapa contoh arsitektur profesional fotografi di tangan dan melihat mereka di setiap tahap proses. 
Berikut adalah beberapa pedoman umum bahwa aku selalu diingat ketika saya melakukan malam rendering:

  • Bahkan pada malam hari skylight masih melemparkan bayangan halus.
  • Jangan membuat langit hitam 100%;. itu harus memiliki sebuah biru atau warna ungu 
  • Jika tidak ada lampu buatan di tanah, langit akan selalu cerah dan tanah itu akan "meminjam" warna kebiruan atau ungu dari langit 
  • pencahayaan adalah campuran dari tints ungu / biru gelap di bagian atas dan oranye / kuning di tanah dan bangunan (s). Itu karena campuran cahaya alami dengan sumber cahaya buatan yang ditempatkan di tanah. 
  • Warna-warna yang lebih jenuh dalam render malam itu dalam pencahayaan di siang hari. 
  • sumber cahaya buatan memiliki cahaya yang halus di sekitar mereka. 
  • Jika Anda memiliki "benda bergerak" dalam scene, jangan takut untuk menggunakan motion blur. Jika Anda tahu sedikit tentang fotografi, Anda menyadari bahwa pada waktu malam fotografer menggunakan tinggi eksposur kali ketika mereka menargetkan pelajaran arsitektur; ini menyebabkan semua hal bergerak di sekitar (mobil, orang, dll) untuk tampil dengan gerakan blur.