trik sederhana untuk export dari sketchup ke 3ds max


Sekedar sharing trik (yang biasa saya gunakan) untuk temen-temen yang banyak menggunakan google sketchup untuk pembuatan model 3D kemudian diekspor dan finishing (render) menggunakan 3ds max.
Langkah-langkah yang harus diperhatikan:
  1. Pastikan tidak ada face (polygon) yang bolong/ rusak alias semua bentukan model harus solid
  2. Buatlah obyek-obyek berurutan berdasarkan finishing material, kemudian obyek-obyek tersebut kita jadikan group berdasarkan masing-masing material finishing (akan mempermudah kita dalam menerapkan material di 3ds max karena kita tinggal pick material dari salah satu obyek tersebut kemudian kita masukkan material yang kita inginkan maka semua obyek tersebut secara otomatis juga akan ikut berubah)
  3. Perhatikan setting untuk export seperti di bawah
  4. sketchup_export.jpg
Memang cara ini memakan waktu sedikit lebih lama untuk pembuatan modelnya karena kita harus membuatnya berurutan berdasarkan material yang akan kita pakai, namun selama ini saya belum menemukan kesulitan dengan menggunakan cara ini.
Semoga bisa berguna, kalo ada pertanyaan atau temen-temen punya cara lain yang lebih efektif mungkin mau untuk berbagi…???