Membuat Material Rumput Dengan V-Ray Max

share cara buat material rumput dan air di 3ds max dengan vray rendering. Ada 2 cara membuat material rumput,yang pertama pake vray displacement mod,keuntungannya make ini yaitu rendering lebih cepat,pengaturan lebih simple,tapi hasil nya kurang begitu realistis dibandingkan make vrayfur. Kalo make vrayfur hasilnya lebih mantep choi!!,tapi rendering nya jadi lama n pengaturannya juga lebih kompleks(ribet). Tapi kali ini aku cuma jelasin pake vray displacement mod ajahh, semoga kawan2 jelas...otree?!Lets start...

    1. buat bidang yang akan diaplikasikan rumput                                                                   

    (saat ini saya pake plane)seperti gambar dibawah.
< klik untuk memperbesar gambar >
    2. buka material editor                                                                                                             
    klik standard button,kemudian pilih vraymtl.
< klik untuk memperbesar gambar >
    3. pada rollout vraymtl                                                                                                            
    klik box disamping diffuse,isikan material rumput yg dipilih
< klik untuk memperbesar gambar >
< klik untuk memperbesar gambar >
    4. Assasign material rumput                                                                                                    
    klik object/bidang/layer rumput,kemudian klik assasign material to selection,
    kemudian klik show standard map in viewport.
< klik untuk memperbesar gambar >
    5. Aturlah texture map rumput di rollout modifier                                                               
   ( klik ) uvw map. Untuk memberi kesan texture rumput, 
   pake vray displacement mod di  bagian rollout modifier>>Vray Dispalcement mod
< klik untuk memperbesar gambar >
< klik untuk memperbesar gambar >
    6. Drag material path rumput                                                                                        
    drag material path rumput dari material editor ke vray displacement mod rool out.  
    isikan texture rumput tadi ke texturemap. Aturlah ketinggian dari rumput (amount) 
    dan shift-nya, kemudian atur juga resolution dan precisionnya sesuai selera.
< klik untuk memperbesar gambar >
Ini pengaturan yang dipakai saya pakai, hasilnya seperti gambar disampingnya.



Kawan2 bisa trial n error untuk dapet hasil yg lebih bagus n real. Just keep try n don't give up.


sumber: Aguspedia