Tokoh Arsitektur | Ludwig Mies van der Rohe | Pelopor Arsitektur Modern

Mies bekerja di ukiran batu-toko ayahnya dan di beberapa perusahaan desain lokal sebelum ia pindah ke Berlin bergabung dengan kantor desainer interior Bruno Paulus . Dia memulai karir sebagai arsitektur magang di studio Peter Behrens 1908-1912, di mana ia terkena teori desain saat ini dan untuk budaya Jerman progresif, bekerja bersama Walter Gropius dan Le Corbusier

Ludwig Mies van der Rohe
(27 Maret 1886 sampai 17 Agustus, 1969) 
Ia memulai karir profesional independen merancang rumah-rumah kelas atas, bergabung dengan gerakan mencari kembali ke kemurnian awal abad 19 gaya Jerman domestik. Dia mengagumi proporsi luas, keteraturan elemen ritmis, perhatian pada hubungan buatan manusia dengan alam, dan komposisi menggunakan formulir kubik sederhana dari awal abad 19 Prusia Neo-Klasik arsitek Karl Friedrich Schinkel. Dia menolak gaya klasik eklektik dan berantakan begitu umum pada pergantian abad ke-20 sebagai tidak relevan dengan zaman modern.

Setelah Perang Dunia I , Mies mulai, sementara masih merancang rumah-rumah neoklasik tradisional, upaya percobaan paralel. Dia bergabung avant-garde nya rekan-rekan dalam pencarian lama berjalan untuk sebuah gaya baru yang akan cocok untuk era industri modern. Titik-titik lemah dari gaya tradisional telah diserang oleh para teoretikus progresif sejak pertengahan abad kesembilan belas, terutama untuk menyembunyikan kontradiksi teknologi konstruksi modern dengan gaya tradisional fasad dihiasi. 

Berani meninggalkan ornamen sama sekali, Mies membuat debut modernis dramatis dengan usulan kompetisi menakjubkan Nya untuk semua kaca faceted Friedrichstra├če pencakar langit di tahun 1921, diikuti oleh versi melengkung tinggi pada tahun 1922 bernama Skyscraper Kaca 

Ia melanjutkan dengan serangkaian proyek-proyek perintis, yang berpuncak di dua masterworks Eropa: temporary Paviliun Jerman bagi eksposisi Barcelona (sering disebut Paviliun Barcelona) pada tahun 1929 (1986 adalah rekonstruksi sekarang dibangun di situs asli) dan elegan Villa Tugendhat di Brno , Republik Ceko , selesai pada 1930.

Dia bergabung dengan Jerman avant-garde, bekerja dengan G majalah desain progresif yang dimulai pada Juli 1923. Ia mengembangkan menonjol sebagai direktur arsitektur Werkbund , mengorganisir berpengaruh Weissenhof Real pameran perumahan prototipe modernis. Dia juga salah satu pendiri dari asosiasi arsitektur Cincin Der . Dia bergabung dengan avant-garde Bauhaus sekolah desain sebagai direktur arsitektur mereka, mengadopsi dan mengembangkan aplikasi fungsionalis mereka bentuk-bentuk geometris sederhana dalam desain objek yang berguna. Seperti banyak lainnya avant-garde arsitek hari, Mies berbasis teori sendiri arsitektur dan prinsip-prinsip pada re-kombinasi sendiri pribadi dari ide-ide yang dikembangkan oleh pemikir lain dan desainer yang telah merenungkan kekurangan dari gaya desain tradisional.

Pemikiran modernis Mies 'itu dipengaruhi oleh banyak gerakan desain dan seni hari. Dia selektif mengadopsi ide-ide teoritis seperti kredo estetika Rusia Konstruktivisme dengan ideologi mereka "efisien" konstruksi patung menggunakan bahan-bahan industri modern. Mies ditemukan banding dalam penggunaan bujursangkar yang sederhana dan bentuk planar, garis-garis yang bersih, menggunakan murni warna, dan perluasan ruang di sekitar dan di luar dinding interior diuraikan oleh Belanda De Stijl kelompok. Secara khusus, lapisan fungsional sub-ruang dalam sebuah ruang secara keseluruhan dan artikulasi yang berbeda dari bagian seperti yang diungkapkan oleh Gerrit Rietveld menarik Mies.

Teori desain dari Adolf Loos ditemukan resonansi dengan Mies, khususnya ide-ide pemberantasan ornamen, dangkal dan tidak perlu mengganti diterapkan rumit dengan tampilan langsung dari bahan dan bentuk. Loos telah terkenal menyatakan, dalam humor lidah-di-pipi hari, bahwa "ornamen adalah kejahatan". Mies juga mengagumi ide-idenya tentang bangsawan yang dapat ditemukan dalam anonimitas kehidupan modern.

Mies mengejar misi seumur hidup ambisius untuk menciptakan suatu bahasa arsitektur baru yang dapat digunakan untuk mewakili era baru teknologi dan produksi. Dia melihat kebutuhan untuk arsitektur ekspresif dan selaras dengan zamannya, seperti arsitektur Gothic adalah untuk era spiritualisme. Dia menerapkan disiplin proses desain menggunakan pikiran rasional untuk mencapai tujuan spiritualnya. Dia percaya bahwa konfigurasi dan pengaturan setiap elemen arsitektur harus berkontribusi ke ekspresi terpadu. 

Arsitektur Mies 'diciptakan pada tingkat abstraksi yang tinggi, dan deskripsi sendiri prinsip-prinsip umum yang sengaja meninggalkan banyak ruang untuk interpretasi. Namun bangunan-nya juga tampak sangat langsung dan sederhana bila dilihat secara pribadi. Setiap aspek arsitektur, dari konsep keseluruhan ke detail terkecil, mendukung upaya untuk mengungkapkan zaman modern. Kedalaman makna yang disampaikan oleh karyanya, melampaui kualitas estetikanya, telah menarik banyak filsuf dan pemikir kontemporer teoritis untuk terus lebih mengeksplorasi dan berspekulasi tentang arsitektur nya.

Berikut ini adalah beberapa karya Ludwig Mies van der Rohe:

Ludwig Mies van der Rohe: Farnsworth House
Ludwig Mies van der Rohe: Farnsworth House

Ludwig Mies van der Rohe: Farnsworth House

Martin Luther King Jr Memorial Library di Washington, DC
Crown Hall di Illinois Institute of Technology, Chicago, Illinois
Barcelona, ​​Deutscher Weltausstellungspavillon 1929 

Karya lain Ludwig Mies van der Rohe: Digital Archive of American Architectutre