1. siapkan object yang akan diberi material air
kali ini saya buat sebuah bak/kolam yang berisi air. Berkan material untuk lantai kolamnya sesuai dengan selera,kali ini saya pake batu hijau.
2. Sekarang kita akan memberikan material airnya
3. Pada vray material editor.
di kolom refraction,ubah warna pada refract dari hitam ke putih.OK,kemudian naikan subdivs menjadi 20, pada IOR,ubah nilai menjadi 1,3.
4. Setelah memberi kesan transparan
kita akan beri efek bergelombang dan efek refleksi (pantulan). Masih di Material Editor, pada rollout Maps, kilk box none pada bump, kemudian pilih noise
Aturlah noise sesuai dengan kondisi yg diinginkan, kali ini saya buat air dengan gelombang seperti di swimming pool, saya hanya merubah nilai pada size menjadi 3,5.,
Sekarang kita geser point tersebut dengan meng-klik move dan drag point tersebut kearea seperti pada gambar, setelah itu klik go to parent dan aplikasikan material air dengan mengklik assasign material to selection.
Hasil seperti gambar dibawah ini. semoga bermanfaat, Keep trying
< klik untuk memperbesar gambar > |
< klik untuk memperbesar gambar > |
2. Sekarang kita akan memberikan material airnya
klik standard buton>>vraymtl
< klik untuk memperbesar gambar > |
di kolom refraction,ubah warna pada refract dari hitam ke putih.OK,kemudian naikan subdivs menjadi 20, pada IOR,ubah nilai menjadi 1,3.
< klik untuk memperbesar gambar > |
kita akan beri efek bergelombang dan efek refleksi (pantulan). Masih di Material Editor, pada rollout Maps, kilk box none pada bump, kemudian pilih noise
< klik untuk memperbesar gambar > |
Setelah itu kembali ke editor sebelumnya (klik go to parent)
sekarang pada box reflection kita beri falloff. Stelah memilih falloff kita akan masuk ke falloff setting, pada mix curve, pada curve, tambahkan point dengan klik add point dan klik point diarea seperti pada gambar, setelah itu klik kanan pada point, pilih bezier smooth.
< klik untuk memperbesar gambar >
Hasil seperti gambar dibawah ini. semoga bermanfaat, Keep trying