Rendering V-Ray 3D Max Pada Obyek Sederhana

Pada tutorial kali ini akan dijelaskan tentang rendering menggunakan V-Ray pada obyek-obyek sederhana. Di asumsikan pembaca sudah memiliki basic knowledge tentang 3DS Max. Level disini masih sangat dasar. Karena penulis juga masih belajar (^_^).
Terlebih dahulu ada penyesuaian pada render setting dialog box. Atur sesuai dengan aturan-aturan yang ada di bawah ini :
  • Output size 480 x 360.
  • global switches : matikan centang default lights.
  • image sampler menjadi adaptive QMC.
  • antialising filter “mitchell-netravali”.
  • indirect illumination ON.
  • Secondary bounces multiplier menjadi 0,85.
  • Irradiance map settings.
  1. “low” preset
  2. hsph subdivs = 30
  • environment:
  1. Skylight warna putih
  2. Reflection/refraction putih, 1,2 multiplier
  3. System: render region division 50X50 px
Selanjutnya membuat obyek teapot, atur seperti gambar.
(Klik pada gambar untuk melihat detail)

Buka Material Editor Box dengan menekan huruf (M)
(Klik pada gambar untuk melihat detail)

Klik pada tombol Standard, pilih VRayMtl.
(Klik pada gambar untuk melihat detail)

Atur settingan seperti pada gambar berikut ini. Dan Assign pada masing-masing obyek.

(Klik pada gambar untuk melihat detail)

Kemudian render pada perspektive viewport, hasil akhir akan seperti gambar di bawah ini.

Hasil Akhir Setelah Di Render


Contoh dengan setting material berbeda